Cara Optimasi Seo Website Baru

Cara optimasi seo website baru dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas konten, kemudahan akses dan index pada google. Hingga saat ini, SEO masih menjadi teknik yang paling efektif untuk meningkatkan traffic website baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Pentingnya optimasi SEO untuk website

Kebanyakan user beranggapan jika SEO hanya fokus pada kuantitas traffic saja, padahal dalam prakteknya SEO juga sangat memperhatikan kualitas traffic. Ketika angka kualitas traffic meningkat maka secara otomatis angka engangement websitepun dapat dipastikan besar. Jika website digunakan untuk berjualan produk maupun jasa, hal tersebut akan memberikan dampak cukup baik pada meningkatnya angka penjualan.

Hingga saat ini, SEO dan Backlink masih dianggap menjadi strategi yang paling efektif untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencari. Optimalisasi SEO selalu menjadi alasan dibalik meningkatnya traffic sebuah website. Dengan mengandalkan teknik yang tepat serta menyesuaikan pengalaman pengguna maka sudah bisa dipastikan optimasi SEO menjadi senjata ampuh untuk menaikkan traffic website.

Cara Optimasi Seo Website Baru

Optimasi SEO untuk website baru   

Ketika pertama kali memiliki website, mungkin Anda merasa cukup puas karena memiliki tampilan yang baik. Setelah itu ada hal lain yang harus dipikirkan yaitu bagaimana mengoptimalkan halaman website agar menduduki peringkat pertama pada mesin pencari. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO pada website baru:

  1. Cek apakah website sudah ter-index pada Google

Untuk mendapatkan peringkat pada mesin pencari, website perlu ter-index Google atau masuk ke dalam Google index. Indexing merupakan proses dimana mesin pencari menyimpan data-data dari sebuah website agar pada saat pengguna yang melakukan pencarian dan halaman website Anda relevan dengan keywordnya maka Google bisa memunculkanya pada halaman hasil pencarian (SERP). Untuk memastikan apakah website sudah ter-index pada Google atau belum, Anda bisa menggunakan bantuan Google Search Console.

  1. Pastikan website memiliki konten yang berkualitas

Satu hal yang perlu diingat adalah Google merupakan perusahaan penyedia jasa. Jasa yang dijual oleh Google adalah membantu menemukan informasi yang diinginkan oleh para penggunanya. Oleh karena itu, jika website berisi konten berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna Google maka secara otomatis mesin pencari akan suka dengan website Anda.

Parameter ini dapat dibaca oleh Google dengan melihat session duration (seberapa lama pengunjung bertahan di website Anda). Jika setelah masuk website Anda pengunjung langsung kabur atau memiliki bounce rate tinggi, maka Gooogle bisa menilai website Anda memiliki konten yang tidak berkualitas.

SEO on page merupakan teknik optimalisasi SEO yang dilakukan pada konten-konten yang akan diterbitkan. SEO on page juga menjadi salah satu cara optimasi seo website yang cukup efektif. On page SEO yang dioptimasi akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks dari konten yang diterbitkan dan relevansinya dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah menggunakan permalink sederhana, membuat judul konten yang menarik, menambahkan video atau gambar, meng-optimasi gambar. Memanfaatkan heading dan sub heading, meletakkan fokus keyword pada 100 kata pertama, menggunakan tema yang responsif, menyisipkan outboound link, memaksimalkan internal link, meningkatkan kecepatan website dan masih banyak lagi.

  1. Kecepatan akses dan kompabilitas antar perangkat

Seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet serta pencarian online yang mulai didominasi oleh perangkat mobile, maka Google mulai menyesuaikan algoritmanya yang juga ikut mempertimbangkan aksesibilitas sebuah website. Ada cukup banyak faktor yang menentukan bagian ini seperti template yang digunakan, tempat hosting website, platform cms yang digunakan hingga dukungan kompresi.

Untuk mengetahui performa website secara umum pada bagian kemudahan akses dan kompabilitas antar perangkat ini, Anda bisa menggunakan salah satu tools yang dimiliki Google yaitu g.co/mobilefriendly. Cukup masukkan URL website Anda pada tools lalu tunggu beberapa saat hingga hasil audit muncul. Biasanya Google juga akan memberikan rekomendasi langkah apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa website.

Memiliki traffic yang tinggi merupakan impian sebagian besar pemilik website. Cobalah untuk melakukan upaya maksimal untuk menaikkan traffic website dengan menggunakan cara optimasi seo website.